Kegiatan

Olahan Pangan dari Tepung Umbi-umbian

Aneka Olahan Tepung Umbi-umbian

Urusan pangan menjadi bagian penting bagi perempuan, sebab sebagian besar pengambil keputusan urusan makan dalam rumah tangga adalah perempuan atau ibu-ibu. Oleh sebab itu belajar dan memahami tentang pangan yang sehat sangatlah penting agar kualitas generasi penerus tetap terjaga.

Sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Konsumen Pangan Sehat Surakarta yang merupakan mitra JakerPO beberapa waktu lalu menyambangi Kelompok Tani Wanita “Makmur” di Desa Jatimulyo Kab Karanganyar Jawa Tengah. Kedatangan Kelompok Pangan Sehat Surakarta ini datang untuk belajar tentang bagaimana membuat berbagai tepung dari umbi-umbian. Selain itu juga praktek membuat beberapa aneka olahan makanan berbahan Tepung Mocaf.

Kelompok Wanita Tani “Makmur” ini merupakan salah satu mitra JakerPO yang mengembangkan berbagai olahan dari umbi-umbian. Umbi-umbian ini jelas sehat, selain dibudidaya dengan cara organik juga tersedia melimpah di pedesaan. Umbi-umbi tersebut antara lain singkong, ketela rambat (putih, kuning, ungu), ganyong, garut, suwek dan lain-lain. Tepung lain yang juga diproduksi adalah tepung pisang dan sukun.

 

“Wah, ternyata gampang ya”, kata Bu Karbino, aktivis PKK asal Keluraha Kerten Solo ini. Mengkonsumsi tepung merupakan salah satu cara agar tidak tergantung pada nasi, apalagi bagi penderita penyakit diabet. Di akhir kegiatan Kelompok Pangan Sehat Surakarta menjalin kerjasama pasokan aneka tepung dengan Kelompok Wanita Tani “Makmur”, yang akan digunakan untuk konsumsi maupun ketika ada lomba maupun festival pangan berbahan baku tepung umbi-umbian. 

Comments   

0 #4 melati 2017-04-18 06:37
semangaaat .... :D
Quote
0 #3 eko 2017-04-18 06:31
ayooooo
Quote
0 #2 autopublish 2017-04-18 06:30
autopublish
Quote
0 #1 test 2017-04-18 06:20
test
Quote

Add comment

Security code
Refresh